Sunday, July 15, 2012

Pindang Meranjat Ibu Ucha

PR nulis banyak nih..oke lah, kita mulai dari yang satu ini..

pindang meranjat ibu ucha

Pindang Meranjat Ibu Ucha di Palembang..pertama kali liat tulisan "Meranjat" tu dikirain apaan..Meranjat pohon kah?pohonnya pohon Pindang..jadilah Meranjat pohon Pindang..haha, itu mah Panjat Pinang dink..
Bukan itu artinya sodara2..Meranjat itu sebenarnya nama daerah yang ada di Sumatera Selatan ini..Pindang ya masakan pindang yang memang khas di daerah Sumatera Selatan..So, Pindang Meranjat Ibu Ucha adalah restoran milik ibu Ucha yang menjual masakan pindang khas daerah Meranjat,ho..okey, let's get to the point..tapi sebelum itu, beware, posting kali lumayan panjang, so enjoy your time fellas.. :D

ikan seluang goreng

Begitu datang langsung disuguhin ini, Ikan Seluang Goreng..n woww..this is dangerously addictive..nothing that it's dangerous, it's just so addictive for me, haha..crunchy, salty, n semua bisa dimakan..ukuranny gw bilang sih agak besar untuk ikan goreng kecil2 gitu..tapi enak, haha..

sambal

Si ikan juga datang ditemani sambal ini..rasanya agak2 asem gitu..

kerang

Kerang ini juga dateng diawal..bole juga ni..bumbunya pas..enak kalo dimakan bareng nasi..
Nah, habis ini mari kita masuk ke menu utama..

kuah pindang patin

Pindang Patin (daging patinnya udah kecomot sebagian,maap :p )..beeuhh..kuahnya asem2 segar, ada sedikit pedas dan manis, dengan daging patinny yang juga lembut dan tidak amis tentunya..perpaduan yang sungguh indah,haha..lebay..tapi bener, this is the best pindang I ever tried so far..
Pertama kali nyobain pindang itu pas di lampung..agak beda sih dengan yang disini..kalo di Lampung waktu itu kuah pindangnya cenderung putih sedikit bening, tidak merah seperti ini, dan memang tidak segurih ini juga, lebih menonjolkan asam dari tomat hijau kecilnya..
Sekali lagi sorry di foto dagingnya udah ke ambil..he..

pindang udang

Yang ini pindang udang..basically kuahnya sama dengan yang patin sih, perbedaannya ada pada rasa khas dari protein yang digunakan, yaitu patin atau udang, di masing2 menu diatas..

udang bakar

Udang Bakar..uwoww..udangnya besar2, fresh, dan manis..rasa udangnya sendiri lah yang menjadi highlight dari menu ini..

ayam goreng

Beuuhh..again..out of ordinary..Ayam Goreng biasa sih,dengan bumbu kunyitnya..tapi renyah di luar dan juicy di dalam..kulitnya itu renyah2 asin, sedangkan dagingny sendiri tidak kering, tapi juicy dan telah teresapi bumbu..

tempoyak

Nah saat makan, defaultnya sih di meja memang ada ini kalo ga salah..Tempoyak Patin..dari baunya waktu daunnya belum dibuka pun sebenernya kurang enak ya..kalau belum biasa sama bau tempoyak pasti ngerasa aneh..tapi out of curiosity, masa jauh2 ke Palembang ga nyoba ini..akhirnya dicobalah..basically rasanya manis agak asam dikit sih..dari teksturnya sendiri sangat lebut..but this is not my thing I guess,ho..

ikan

Ini gw lupa nanya apa..Tempoyak Patin Bakar apa ya?CMIIW..but hey..this one is better than the previous one..dari baunya sendiri agak mirip dengan tempoyak, but I think the taste is surprisingly nice, despite the smell n the burnt look.. :D pake nasi cocok banget..

nasi

Dan of course..sebagai orang Indonesia harus ditemani nasi, he..tempat nasinya mengingatkan dengan nasi liwet Sunda, tapi ini nasi biasa kok.. :)

jus buah naga

Minumnya Jus Buah Naga ungu..yumm..

es jeruk

Dan ada es jeruk juga..cukup menyegarkan.. :D

buah

untuk menetralisir mulut dan melicinkan kerongkongan, mari kita makan buah.. :D

srikaya

Dan tidak lupa ditutup dengan dessert khas sini, Srikaya..woww..rasanya manis gurih..teksturnya sangat lembut dan banyak lubang udara didalamnya..walau bagian atas terlihat seperti kering, tapi lembut banget loo..dan bagian bawah agak basah..sepertinya dibuat dengan banyak telur nih, enak soalnya..I ate 4 of these..haha.. :p

pemberitahuan

That's it..tempat ini menawarkan hidangan khas daerah Sumatera Selatan, khususnya Palembang, dengan rasa yang oke dan tempat yang cukup nyaman..saat itu cuaca sedang panas2nya, tapi duduk di saung nya terasa sejuk sepoy2..di dekat pintu masuk juga dijual es krim kalau memang berminat..I think this is a reccomended place to go if you are at Palembang.. :)

Rumah Makan Pindang Meranjat Ibu Ucha
Jln. Demang Lebar Daun
Palembang, Indonesia

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails