Sunday, April 22, 2012

Kedai Tjikini

tjikini

Yak..minggu lalu asalnya pengen banget ke Java Bleu karena penasaran, eh ternyata tutup sodar2..udah menjelang sore dan kita belum makan..laper..akhirnya mampir aja deh ke tempat di sebelahnya, Kedai Tjikini (read : Cikini)..

tjikini front

Terletak tidak jauh dari Taman Ismail Marzuki, juga dekat dengan terminal dan pasar Cikini..Tempat2 di daerah sini eksotik loo kalo menurut gw..karena emang di jajaran bangunan ini bentuknya model bangunan jaman Belanda semua..perlu dilestarikan nih..ohoo..

sarsaparilla cap badak

Melepas dahaga setelah seharian jalan2 (read : momotoran) di tengah kota Jakarta yang panas ini, Sarsaparilla (Rp 20k) terasa begitu indah..haha..dan merk Cap Badak loo.. :D

sarsaparilla float

Ditambahin es krim vanilla jadi Sarsaparilla Float (Rp 23k) lebih oke lagi, oho..tapi ngomong2 sebotol sarsaparilla mayan mahal juga ya..gara2 langka kaliya..

wedang jahe

Si doi lebih suka yang anget2, jadi pesen Wedang Jahe (Rp 15k)..woww..surprisingly good..enak deh, rasa jahenya bener2 nge-blend..itu yang ngambang2 adalah jahe..dan si batangan jahe ini pun kalo dimakan enak loo, empuk dan ga terlalu overpowering, mungkin karena extract jahenya udah melebur sama air kali ya..

sup pindang

Untuk makanan gw pilih Sup Pindang (Rp 35k) yang direkomendasiin sama sang waitress..dan woww..enakk..rasanya asem banget sih, yang berasal dari tomat ijo dan belimbing nya..tapi lama kelamaan asemnya itu bikin nagih, pengen lagi dan lagi,hehe..dagingny sendiri merupakan iga sapi..dan..empuk bangett..fell of the bone so easily and cleanly..huwoo..

nasi emping

Tidak lupa didampingi sepiring nasi hanget dan emping..sama ada sambel ijonya juga.. :D

rawon

Dita pesen Nasi Rawon (Rp 30k)..ini juga enak nih..rasany menurut gw cukup otentik loo..kluweknya juga mayan pekat..dan dagingny sendiri lagi2, empuk bgt..awesome..

nasi rawon

Kalo rawon temennya ini, nasi + telor asin + toge + sambel + krupuk udang..lengkap sudah..

aldo

Overall, tempat ini menyediakan makanan2 khas Indonesia dan juga makanan2 tempo doeloe dengan nuansa jaman Belanda yang cozy..makanannya enak..tempatnya juga mayan..ACny dingin banget tapi,he..will be back sometimes, but will make sure that we go to Java Bleu first, masih penasaran ui..ehe..

Taukah Anda ? kalau ternyata minuman Sarsaparilla itu berasal dari akar tanaman sarsaparilla atau Smilax regelii yang awalnya digunakan sebagai minuman obat layaknya Ginseng. Namun karena rasanya yang pahit maka biasanya dicampur dengan air gula..and voila..jadilah minuman sarsaparilla layaknya sekarang walau entah minuman sekarang masih menggunakan bahan asli akar sarsaparilla atau hanya sekedar perasa buatan.

Kedai Tjikini
Jl. Cikini Raya 17
Jakarta Pusat
Indonesia
021-39835094 or 021-31935521
website : www.tjikini.com




No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails