Saturday, January 7, 2012

Martabak AA

martabak AA

Salah satu legenda martabak di Jakarta ini (lebay,haha) terletak cukup dekat dengan Pasaraya Manggarai dan berada sebelum belokan Pom Bensin..

Kebetulan lagi lewat situ dan ini tempat kalo malem suka rame jadi lah gw tertarik untuk mencoba..

bahan martabak
campur bahan

Konon katany sih martabak itu aslinya dari India, cuman yg biasa kita makan di Indonesia itu sudah mengalami berbagai macam modifikasi..but anyway, basic dari martabak (telur) adalah kulit tipis yg terbuat dari tepung yg digoreng dengan berbagai campuran isian..isian paling umum yaitu telur, daun bawang, daging sapi, dan bumbu2..untuk martabak AA ini ada pilihan daging sapi atau ayam dan menggunakan hanya telur ayam..isianny juga ada bawang bombayny..

Bisa dilihat kan kalo di martabak AA ini daging banyak n gede2..i think it's not minced, it's chopped..oho..

lipet martabak
goreng martabak

Cara membuatny yaitu kulit martabakny di buat lebar dan tipis terlebih dahulu..lalu kulit yg tipis itu ditaruh diwajan lebar yg berisi minyak panas..setelah beberapa detik di minyak panas, barulah isian yg sudah dicampur sebelumnya dituangkan diatas kulit tadi..lalu dilipat untuk menutupi semua isianny..setelah dilipat, martabak dipindahkan ke wajan sebelahnya untuk kemudian digoreng seluruhnya..(biasanya martabak lain cukup hanya di wajan satu, tidak ke proses penggorengan dengan banyak minyak)

potong martabak

Setelah digoreng sampai kuning kecoklatan, martabak diangkat dan dipotong panas2 diatas talenan kayu tebal dengan pisau yang besar pula..lalu siap dibungkus dan dibawa pulang.. :D

martabak telor
martabak telor sapi

And..the unboxing...look at that..how beautiful it is..nice color, crispy skin, tasty fillings with big chunks of precooked beef..yummm...makanny bareng saos coklatnya plus acar biar lebih mantep.. :D

martabak manis

O iya..ini waktu pembikinan martabak manisnya..gw ga beli sih, udah pernah nyobain juga sebelumnya..tapi gw lebih suka martabak manisny Martabak Borneo deh,he..

depan martabak AA

Rasanya buat gw enak..isinya tebel dan dagingny juga gede2..tempatny kayakny emang lebih mengutamakan untuk yg pelanggan yg bawa pulang martabaknya, jadi tempat duduk cuman didepan gitu doank, tapi ada jajanan2 sih disebelahnya buat yg nunggu..


Martabak AA
Jl. Minang Kabau No. 29 A
Jakarta Selatan
(021)707-75100
Buka 14.00-23.30 WIB


1 comment:

  1. gw malah baru denger ni martabak, kurang gahol yak. Jadi pengen nyobain :D

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails