Wednesday, December 28, 2011

Mie Jogja di Jogja

prepare

Mie Jogja..siapa sih yang ga tau mie jenis ini..dari yg restoran, kaki lima, sampe mie tetek yang ngider di perumahan..mie jogja sudah terkenal kemana2..Nah, tapi seperti Nasi Padang yang di Padang nya ga disebut nasi Padang..Mie Jogja pun of course ga disebut mie jogja di Jogja sini, disebutnya ya bakmi aja..
Kebetulan lagi ada meeting di Jogja n malem2 pengen jalan2..akhirny gw dan temen berjalan agak jauh dari hotel menuju Jl. Kaliurang (daerah sekitar UGM) yg katanya banyak yg jual makanan..singgahlah kami disalah satu tempat makan pinggir jalan yg menyajikan bakmi ini..

ayam gantung

Hal yang bikin gw pengen mampir disini karena pertama, masaknya pake tungku arang..kedua, ada ayam yang digantung dan nampak seperti ayam kampung yang sudah dimasak, which i prefer than any other usual cooked chicken..

nasi digoreng

Proses pembuatan nya sebenernya sama kayak dipenjual nasi or mie goreng pada umumnya..perbedaan mencolok yaitu cara memasak yang masih menggunakan arang, walau sudah sedikit dimodernisasi dengan penggunaan kipas angin elektrik sebagai pengganti kipas tangan konvensional..

magelangan

Ini dia pesenan gw..Magelangan..apa itu? Magelangan adalah nasi dan mie goreng dicampur jadi satu..dan hei..pengunaan tungku arang bukan tanpa alasan, the distinctive smokey flavor mixed together with the rice and noodle hit the spot..yumm.. :D walaupun rasanya mild, tapi terasa banget khasnya dibandingkan dengan mie tektek ato mie jogja yang dimasak pake kompor gas..

mie godog

Temen gw pesen mie rebusnya..kayakny sih kalo mie rebusny bumbunya agak hambar ya..sayang..

Nah..besok malemnya gw berkesempatan lagi untuk jalan2..sekalian jalan mau ke tempat sodara, di daerah Jl. Dagen ada yg jual bakmie lagi tuh..kali ini gw pengen nyobain mie gorengny..

mie goreng

Ini dia mie gorengnya..kalo yang ini dimasak biasa pake kompor gas, dan memang ga ada rasa khas dari tungku arang yg ada di tempat mie sebelumnya..kalo dibandingin dengan yang sebelumnya, mie yang ini lebih banyak isinya, ada bakso 2 macem, telor, ayam, dan gorengan ntah apa..kalo dari segi rasa yang ini rasanya manis..buat gw kemanisan sih ini, jadi rasa bumbu dasarny kurang berasa..sayang sekali..


Nah..Overall dari jalan2 kali ini yaitu, di Jogja sendiri sebenernya banyak macem bakmi yang dijual, ada yang pake tungku areng, yg pake kompor gas, dipinggir jalan ato yang di restoran dengan harga yang sangat bersahabat..gw belum tau sih bakmi yang paling enak nan legendaris di Jogja tu dmn, tapi kata sodara2 gw sih yg deket rumah sodara itu enak, tar ahh kapan2 mampir ke jl. tentara rakyat.. :D

Ah..satu lagi..yang selalu gw suka dari tempat makan di Indonesia ini adalah orangnya ramah2..bikin makan juga jadi tambah nikmat kalo ditemani senyuman, bukan begitu? :D yah, intinya sih kalo ingin menikmati makan dengan senang coba lah ramah terlebih dahulu dengan si mpunya tempat makan, niscaya mereka juga bakal ramah sama kita dan walhasil, everybody's happy.. \(^ . ^)/

Jogja Trip
Jl. Kaliurang dan Jl. Dagen
Yogyakarta

2 comments:

  1. Wah, blom pernah ada kesempatan nyoba mie jogja di tempat aslinya neh. Kalo di bandung, ada 1 dari sedikit rumah makan di bandung yang berjualan mie jogja, lokasinya di jalan ABC menjelang ruko cikapundung. Rasanya menurut saya sich paling enak diantara yang lain. Sempet bikin reviewnya di blog ku Tempat Makan Enak. Silahkan mampir dan mohon komentarnya yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo iya..gw juga suka kok makan Mie Jogja itu..banyak cabangny sih..paling sering makan di MTC..yg di Buahbatu sama ABC juga pernah.. :D Enak sih emang, yg khas emang mienya tebel..gw suka sama sambelny yg asli rawit beserta biji2nya,he.. B-)

      Btw, thx for stopping by..let's keep blogging and search for more mouthwatering foods.. ;)

      Delete

Related Posts with Thumbnails